Sementara, Dishubkominfo Kota Mataram Hanya Urus Parkir Umum

parkingMataram (Global FM Lombok)- Dinas Perhubungan Komunikasi dan Infrormatika (Dishubkominfo) kota Mataram hanya mengurus parkir umum seperti jalan, pasar dan lain sebagainya. Sedangkan parkir umum seperti yang ada di instansi pemerintahan ditangani oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda). Parkir umum yang ada di kota Mataram sekitar 200 titik.

Demikian dikatakan kepala UPTD Perpakiran pada Dishubkominfo kota Mataram H. Samsul Hakim kepada Global FM Lombok Kamis (17/4) di Kantornya. Untuk kedepan setelah perwal perparkiran sudah disahkan, maka Dishubkominfo akan menangani parkir umum dan parkir khusus. Selama ini Dishubkominfo hanya menangani parkir umum. Di kota Mataram parkir khusus tersebar di 385 titik. Namun saat ini Dishubkominfo selalu melakukan koordinasi dengan Dispenda terkait perkembangan setiap wilayah perparkiran.

Menurutnya kinerja koorinator parkir yang ada disetiap kecamatan bekerja dengan baik. Perparkiran yang ada di kota Mataram mempunyai petugas khusus yang menagih setiap juru parkir serta petugas untuk melakukan pendataan.

“Parkir khsus dia namanya kalau yang ada di Instansi , kalau kita ini kan yang kita kejar parkir yang ada di jalan umum saja, dan parkir khusus itu langsung ke Dispenda. Tetapi secara kerjasama kita koordinasi kita tetap sama Dispenda. Parkir khusus langsung diserahkan ke Dispenda.   Mengejar itu kana parkir ditepi jalan umum, parkir umum ada masuk ke dispenda. Kita koordinasi dengan dispenda. Retribusi ke dispenda karena ada parkir khusus kalau sudah ada perwal yang baru mungkin disana kita akan urus semua, dan juga parkir taksi, parkir 385 titik yang ditangai Dishub,” katanya

Hakim mengatakan, perkembangan pembangunan di kota Mataram mengakibatkan banyak parkir liar yang terjadi. Sehingga koordinator parkir diminta untuk melakukan uji coba terhadap titik yang akan dijadikan sebagai kawasan perparkiran. Namun uji coba yang dilakukan sekitar satu sampai dua bulan. Koorinator parkir juga melakukan pendataan terhadap juru parkir. Hal ini dilakukan untuk mengurangi parkir liar. Sampai saat ini jumlah juru parkir yang ada di kota Mataram sebanyak seribu orang juru parkir.(azm)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply