90 Ruas Jalan Diperbaiki Dengan Dana PIP

Mataram (Global FM Lombok)-Sampai saat ini dana pinjaman dari pusat investasi pemerintah (PIP) sebesar Rp. 60 miliar belum dicairkan. Jalan lingkungan yang akan diperbaiki menggunakan dana PIP tersebut sekitar 90 ruas jalan yang sudah disetujui, sementara ruas yang diajukan pemerintah kota Mataram sebanyak 165 ruas.

Jalan lingkungan di kota Mataram

Jalan lingkungan di kota Mataram

Demikian disampaikan kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) kota Mataram Mahmuddin Tura kepada Global FM Lombok di kantornya. Menurutnya, semua jalan yang di perlihatkan kepada tim verifikasi jalan lingkungan tersebut disetujui. Tim verfikasi melihat manfaat dari pembangunan jalan tersebut yaitu dari segi pertumbuhan ekonomi dan masalah pariwisata. Namun pemerintah kota tidak akan memperbaiki semua ruas jalan tersebut karena akan menghabiskan anggaran sekitar Rp. 100 miliar. Sementara dana yang dipinjam pemerintah kota sebanyak Rp. 60 miliar.

Mahmudin Tura mengatakan, PIP menawarkan pemerintah kota Mataram agar meminjam lebih dari Rp.60 miliar namun pemerintah kota Mataram tidak menerima tawaran itu, karena dana Rp.60 miliar akan dimaksimalkan. Pinjaman yang dilakukan akan diganti dalam jangka waktu lima tahun, namun pemerintah kota Mataram mengklaim bisa mengembalikan pinjaman tersebut dengan jangka waktu 3,5 tahun.

“Jadi memang harapan kita sebenarnya sebelum pemilu tapi kebijakan kesana lagi kan tidak boleh ada pencairan dana sebelum pemilu. Kita dijanjikan akan diberikan jawaban dalam waktu dekat ini jawabanya jelas positif. Waktu dia verifikasi jalan tempo hari tim itu bahkan dia mengatakan bisa lebih dari 60 miliar. Tapi pak wali bilang maksimal 60 miliar,” katanya.

Mahmuddin mengarakan PIP akan mencairkan dana PIP setelah pelaksanaan pemilu. Hal ini dilakukan berdasarkan kebijakan bahwa tidak boleh ada pencairan dana sebelum pelaksanaan pemilu selesai. Pemerintah kota Mataram mengharapkan agar dana pinjaman tersebut cair pada tahun 2014 ini. Karena pihaknya sudah mempersiapkan semua persyaratan peminjaman tersebut pada akhir tahun 2012 lalu.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply