Tingkat Kepatuhan Parpol Melaporkan Dana Kampanye Cukup Baik

ParpolMataram (Global FM Lombok)-Hasil analisis Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) NTB laporan awal dana kampanye pemilu ditemukan bahwa tingkat kepatuhan masing-masing partai dalam melaporkan dana kampanyenya cukup baik. Dari enam indikator kepatuhan, semua partai telah menaati lima indikator yang ada. Kecuali pada ketentuan untuk tidak menerima sumbangan dari pihak ketiga yang tidak jelas identitasnya, masih ada beberapa partai yang tidak patuh.

Ketua Pokja Pemantauan Dana Kampanye FITRA NTB,  Syaifuddin Maliagung kepada Global FM Lombok Senin (14/4) mengatakan, dari seluruh parpol peserta pemilu ada tiga parpol  yakni PKB, PKS, dan Gerindra yang tidak melampirkan atau mencantumkan informasi wajib penyumbang perseorangan secara jelas sebagaimana dimaksudkan pada PKPU No. 17 Tahun 2013. Bahkan khusus untuk partai PKB dan Gerindra, nama penyumbangnya juga tidak ada.

Syaifuddin menegaskan bahwa pelibatan masyarakat dalam mendukung pembiayaan kampanye pemilu partai politik sebenarnya bisa dimulai dengan membangun rasa memiliki warga terhadap partai politik. Dengan catatan,  partai politik punya kesadaran untuk membuka diri dan mau berbenah.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply