Granat Manggis Gegerkan Warga Sukarara

Granat ManggisSelong (Global FM Lombok)- Sekitar pukul 04.00 Wita, Jumat (11/4) kemarin, warga Sukarara, Kecamatan Sakra Barat, Lombok Timur (Lotim) digegerkan dengan temuan granat. Diduga, ada seseorang diduga sengaja meletakkan bahan peledak berbahaya itu di rumah salah seorang warga sebagai bentuk teror. Granat berbentuk manggis ini diletakkan persis di atas tangki bahan bakar minyak (BBM) mobil dam truk  dengan Nopol DK 9358 FC milik Suwandi.

Suardi yang juga sopir dam truk  itu menuturkan, sebelum diketahui ada granat dalam tangki dum truk, ia menghirup ada bau karet yang terbakar. Ia pun coba mengecek. Setelah itu baru diketahui, ban belakang sebelah kanan mobil terbakar dalam garasi.

Suardi pun membangunkan Suwandi si pemilik kendaraan. Suwandi bersama ayahnya, H. Syamsul Hadi mengeluarkan dam truk dari dalam garasi tersebut dan mencoba memadamkan api.

H. Syamsul Hadi yang kebetulan membawa senter mengarahkan lampu senternya ke arah tangki dum truk. Saat itu lah dilihat ada benda berbentuk manggis yang ternyata granat. Khawatir meledak, granat itu kemudian dipindahkan menggunakan kayu dari tangki dum truk ke tanah.

Aparat Polres Lotim, langsung menuju tempat kejadian perkara setelah menerima laporan. Setibanya di TKP, seluruh warga dilarang mendekat. Aparat Polres Lotim langsung memasang garis pembatas sambil menunggu tim penjinak bahan peledak (jihandak)  dari Gegana Brimob Polda NTB Kompi Labuhan Haji tiba di TKP.

Setelah dideteksi tim Brimob, baru diketahui granat tersebut masih aktif. Dijelaskan Kanit Jihandak Gegana Detasmen II Brimob Kompi Labuhan Haji, Ipda Fatoni, seperti bentuknya granat menyerupai manggis, granat itu sering disebut granat manggis. Merk-nya Granade Hand Frag, Deley X7 Comp r-lof, ER-RZHFO-001. ‘’Granat jenis ini buatan Korea,’’ katanya.

Setelah dijinakkan, granat itu kemudian dibawa Brimob ke Markas Den 2 Kompi Brimob Labuhan Haji. Rencananya, granat itu akan diledakkan setelah berkoordinasi lebih lanjut nantinya dengan aparat Polres Lotim.

Aparat Reskrim Polres Lotim pun langsung menggelar olah TKP. Lebih lanjut pengungkapan dugaan teror ini akan ditelusuri lebih lanjut oleh aparat Polres Lotim.

Seperti penegasan Kapolres Lotim, AKBP Dede Alamsyah,S.Ik saat dikonfirmasi secara terpisah bahwa pihaknya sudah menerima laporan terkait penemuan granat aktif tersebut. Lebih jauh dugaan motif menaruh granat di tempat itu, masih dalam pengembangan penyelidikan. Disyukuri, granat tidak sampai meledak. Tim Jihandak Brimob sudah sangat tanggap dan langsung melakukan aksi penjinakan. (rus)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Comments are closed.