Komnas HAM: Kelompok Rentan Sudah Diperhatikan

Mataram (Global FM Lombok)- Dari hasil pantauan Komnas HAM selama pemilu Legislatif 2014, secara umum kondisi di NTB terdapat perkembangan baik yang patut diapresiasi oleh semua pihak. Hal itu terkait dengan kelompok rentan yang sebelumnya kurang diperhatikan dan terabaikan terabaikan oleh pemerintah maupun masayarakat. Kelompok rentan itu kini telah mendapat perhatian lebih.

Demikian dikatakan Komisioner Komnas HAM RI Imdadun Rahmat saat memantau proses pelaksanaan pemilu legislatif 2014 di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi NTB Rabu (09/04). Ia melanjutkan kelompok rentan itu diantaranya adalah pasien RSJ yang saat ini boleh memilih. Menurutnya, secara medis maupun kejiwaan para dokter mengatakan mereka mampu menyalurkan hak pilih.

Ia mengatakan, warga Ahmadiyah yang berada di asrama Transito dan Kecamatan Praya Lombok Tengah juga telah mengalami kemajuan karena mereka ikut memilih pada pemilu tahun ini. Selain itu, banyak dari mereka sudah merekam KTP elektronik sebagai bentuk pemenuhan terhadap hak warga negaranya.

Begitu pula dengan pantauan Komnas HAM di Lapas dan tahanan di Polda NTB, mereka telah menyalurkan hak pilihnya melalui TPS keliling. Selanjutnya adalah kemajuan dari partisipasi masyarakat minoritas agama dan masyarakat suku Bayan yang meningkat dan cukup baik. (irs)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Comments are closed.