Uji Kompetensi, SMKN 5 Gelar Pertunjukan Musik

MATARAM, Globalfmlombok.com – Untuk pertama kalinya, SMKN 5 Mataram menggelar uji kompetensi siswa untuk program keahlian Seni Musik di luar sekolah. Pelaksanaan uji kompetensi siswa jurusan Seni Musik digelar di arena terbuka Taman Budaya, Provinsi NTB, Minggu (9/3).

Siswa SMKN 5 Mataram, saat unjuk kebolehan dalam konser musik yang merupakan bagian dari Uji Kompetensi, di Taman Budaya.(LTD/Lukman Hakim)

Siswa SMKN 5 Mataram, saat unjuk kebolehan dalam konser musik yang merupakan bagian dari Uji Kompetensi, di Taman Budaya.(LTD/Lukman Hakim)

Ratusan pengunjung yang sebagian besar para pelajar SMP/MTs dan SMA/MA/SMK se Kota Mataram merasa terhibur dengan berbagai pertunjukan hasil kreasi karya siswa jurusan Seni Musik SMK Negeri 5 Mataram.

Pada kesempatan itu, para siswa jurusan Seni Musik menampilkan berbagai pertunjukan seni. Mulai seni musik percussion yang tampil bersama grup band, peragaan busana, menari dan menampilkan grup band serta menampil seni drama teatrikal dan pantonim.

Kegiatan uji kompetensi siswa SMKN 5 Mataram untuk jurusan Seni Musik dimulai dari pukul 10.00 Wita hingga 17.35 Wita. Pada kesempatan itu juga pihak panitia pelaksanaan konser musik SMK Negeri 5 Mataram mendatangkan musisi dan seniman lokal NTB, diantaranya The Cress, Ary Juliant, Suradipa, D n B Band dan juga Vee Nhavan.

Dijumpai di sela-sela kegiatan, Kepala SMK Negeri 5 Mataram, H Tri Budi Ananto mengatakan, pihaknya untuk pertamakalinya memberanikan diri menampilkan kemampuan siswa jurusan Seni Musik di tempat terbuka. Biasanya, setiap tahun pelaksanaan uji
kompetensi siswa jurusan Seni Musik dilaksanakan di lapangan sekolah dan ditonton hanya oleh siswa/siswi SMK Negeri 5 Mataram.

“Mulai tahun ini, kami mencoba memberanikan mempertunjukan kemampuan seni siswa SMK Negeri 5 Mataram melalui pelaksanaan uji kompetensi di Taman Budaya,” kata Tri Budi didampingi Wakasek Humas SMK Negeri 5 Mataram Akhyar.

Pada pertunjukan seni musik itu, pihak SMK Negeri 5 Mataram tidak hanya menampilkan siswa kelas XIII yang menjadi peserta uji kompetensi sebagai pengujian menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2014, namun juga melibatkan siswa kelas X dan XI untuk jurusan Seni Musik.

Antusiasme penonton yang sebagian besar para pelajar itu terlihat ketika dua orang siswi jurusan Seni Musik menampilkan kebolehannya dalam pragawati. Dengan berbusana yang berasal dari kain Batik Sasambo, salah seorang siswi kelas X untuk kelas inklusi berkebutuhan khusus Tuna Rungu tampil mempesona dan disambut gemuruh tepuk tangan para pengujung.

“Itu siswi kami kelas inklusi berkbutuhan khusus Tuna Rungu. Siswa inklusi diberikan pembinaan dan pendampingan yang luar biasa oleh guru sesuai dengan bakat mereka,”  ujar Akhyar.

Pelaksanaan uji kompetensi bagi siswa SMKN 5 Mataram telah dilaksanakan dari tanggal 6-8 Maret. Setiap siswa, diharuskan membuat produk jadi pada pelaksanaan uji kompetensi siswa. Selanjutnya hasil produk yang dihasilkan oleh siswa itu dinilai oleh tim juri yang berasal dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Khusus untuk jurusan Seni Musik, hasil karya siswa yang dihasilkan pada uji kompetensi itu harus ditampilkan pada konser musik yang dilaksanakan di Taman Budaya ini.

“Jurusan lainnya sudah dinilai langsung pada hari Sabtu tanggal 8 Maret. Khusus untuk jurusan Seni Musik penilaian dilakukan pada konser musik di Taman Budaya dengan mendatangkan juri dari seniman lokal NTB,” kata Tri Budi.(MN)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply