Target Lulus 100 Persen, Bisa Bebani Sekolah Swasta

Walikota Mataram, H Ahyar Abduh.

Walikota Mataram, H Ahyar Abduh.

MATARAM, Globalfmlombok.com – Walikota Mataram, H Ahyar Abduh menargetkan kelulusan Ujian Nasional (UN) untuk jenjang pendidikan SMA/MA dan SMK negeri dan swasta di Mataram pada tahun 2014 ini lulus 100 persen.

Target tersebut justru akan membebani sekolah, utamanya sekolah/madrasah swasta yang serba minim perhatian dari Pemkot Mataram.

Menurut Ahyar Abduh, target lulus 100 persen pada UN tahun 2014 ini untuk semua jenjang pendidikan, agar pihak sekolah bisa mencapai kelulusan 100 persen. Selain itu, Ahyar Abduh juga menekankan kepada para kepala sekolah untuk mampu meraih prestasi yang baik dalam hasil UN mendatang.

‘’Mataram berkomitmen untuk mencapai kelulusan yang jujur dan berprestasi. Target kelulusan pada UN tahun ini pada semua jenjang pendidikan mencapai 100 persen,’’ kata Ahyar Abduh di hadapan ratusan kepala sekolah saat rapat koordinasi persiapan menghadapi pelaksanaan UN di Aula SMAN 1 Mataram, Kamis (03/4).

Instruksi dan harapan Walikota Mataram, H Ahyar Abduh itu tidak sebanding dengan perhatian yang diberikan kepada utamanya sekolah/madrasah swasta yang ada di Mataram. Dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana, serta kualitas tenaga pendidik yang jauh berbanding dengan sekolah negeri, akan cukup sulit bisa memenuhi target Walikota Mataram tersebut.

Selain itu, miskinnya terbososan dan pembinaan oleh Dinas Dikpora Kota Mataram kepada sekolah swasta, bahkan juga sekolah negeri menjadi persoalan mendasar pendidikan di Kota Mataram.

Kendati demikian, Ahyar Abduh menuntut pendidikan yang bermutu dan berkualitas di Mataram. Terlebih lagi, menjelang pelaksanaan UN, agar semua pejabat struktural di dinas terkait, termasuk kepala sekolah, guru hingga pengawas fokus mempersiapkan para siswa menghadapi UN.

‘’Persiapan tidak hanya menyangkut masalah kepesertaan UN, tapi persiapan penyelenggara UN. Jangan muncul hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi peserta didik menghadapi UN,’’ kata Ahyar Abduh.

Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram, H Ruslan Effendy mengatakan, rakor dilaksanakan untuk memantapkan strategi dalam mensukseskan pelaksanaan UN 2014. Selain sukses pelaksanaan, juga sukses prestasi yang diraih secara jujur.

‘’Kita satukan persepsi dan pandangan dalam pelaksanaan UN,’’ kata Ruslan.

Menurut Ruslan, persiapan telah dilakukan guru dan kepala sekolah, baik persiapan akademis maupun mental. Persiapan akademis dilakukan dengan memetakan kemampuan akademis siswa dari nilai raport, hasil ujian sekolah dan tryout. Dengan begitu, para guru dan kepala sekolah bisa mengetahui sejauhmana kemampuan siswanya. Bagi siswa-siswinya yang masih memiliki prestasi di bawah standar, perlu digenjot agar bisa lulus 100 persen.

Sementara untuk pembinaan mental, juga telah dilakukan dengan menghadirkan tokoh agama serta tokoh spiritual. Dikpora menjadwalkan untuk menggelar istigosah jelang pelaksanaan UN.

‘’Ada usaha dan doa, sehingga hasil UN tahun ini lebih baik. Karena selama tiga tahun terakhir, kelulusan SD/SMP sederajat tetap mencapai 100 persen. Sedangkan SMA/SMK mencapai 99,98 persen. Tahun ini semua jenjang pendidikan harus lulus 100 persen,’’ terang Ruslan.

Pelaksanaan UN tahun 2014 ini akan diikuti 7.463 siswa jenjang SD/MI/sederajat, 7.167 siswa jenjang SMP/MTs dan SMA/SMK/sederajat sejumlah 6.853 orang. UN jenjang SD/MI dilaksanakan tanggal 19-21 April, SMP/MTs tanggal 5-8 Mei, dan SMA/SMK tanggal 14-16 April.(MN)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply