1.500 Atlet Pelajar Bertanding di O2SN Mataram

ATRAKSI: Atraksi pencak silat yang diperagakan siswa berprestasi ketika pembukaan O2SN tingkat Kota Mataram, Rabu (26/3). (Foto: Lukman/LTD)

ATRAKSI: Atraksi pencak silat yang diperagakan siswa berprestasi ketika pembukaan O2SN tingkat Kota Mataram, Rabu (26/3). (Foto: Lukman/LTD)

MATARAM, Globalfmlombok.com – Sebanyak 1.500 atlet pelajar ikut dalam event dua tahunan di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Liga Pelajar Indonesia (LPI) dan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Kota Mataram.

Event olahraga bagi pelajar sebagai ajang seleksi untuk mengikuti tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat itu dimulai dari tanggal 26 Maret hingga 4 April 2014 mendatang.

Kegiatan olimpiade pelajar itu diikuti mulai dari siswa SD, SMP, SMA/MA dan SMK yang mewakili masing-masing sekolah.

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), LPI dan Popda tingkat Kota Mataram di tahun 2014 itu, dibuka langsung oleh Walikota Mataram, H Ahyar Abduh di halaman Gelanggang Olahraga Provinsi NTB, Rabu (26/3).

Ahyar Abduh mengatakan, pelaksanaan O2SN, LPI dan Popda secara berkesinambungan merupakan ajang untuk mempersiapkan kontingen atlet Kota Mataram sekaligus untuk menjaring bibit-bibit ungulan atlet muda yang potensial. Kegiatan O2SN juga merupakan ajang pemantauan, pemanduan bakat dan prestasi pembinaan dan pengglembengan atlet sejak usia dini agar mampu bersaing di tingkat nasional.

Popda sebagai ajang kompetisi olahraga pelajar dilaksanakan setiap dua tahun sekali, dapat menjadi motivasi bagi seluruh pelajar yang bertanding untuk meraih prestasi di bidang non akademik.

Oleh karena itu, kata Ahyar Abduh, pengembangan olahraga di Kota Mataram terutama pada pendidikan formal dilakukan melalui sinergi tiga jalur. Ketiga jalur itu adalah jalur keluarga, jalur pendidikan, dan jalur masyarakat.

‘’Ketiga sektor ini haruslah berjalan secara sinergis dan memberi dukungan sepenuhnya bagi pengembangan olahraga di Mataram,’’ katanya.

Selain itu, Ahyar Abduh juga menginstruksikan kepada pihak Dinas Dikpora Kota Mataram untuk terus berbenah diri dalam upaya pembinaan, pengembangan dan peningkatan prestasi sekaligus peningkatan mutu pendidikan, baik melalui jalur akademik maupun non akademik.

Pasalnya, di bawah kepemimpinan H Ruslan Efendi sebagai Kadis Dikpora Mataram, dunia pendidikan di Mataram miskin terobosan, dan lebih terkesan jalan di tempat.

‘’Dinas Dikpora Mataram terus berbenah diri dalam upaya peningkatan mutu pendidikan baik di akademik maupun berbagai kompetisi lainnya,’’ harap Ahyar.

Ketua Panitia O2SN tingkat Kota Mataram, M Mugianto mengatakan, total altet yang akan bertanding dalam even O2SN, LPI dan POPDA sebanyak 1.500 atlet dari tingkat SD akan bertanding dalam sembilan cabang olahraga (cabor), tingkat SMP bertanding pada tujuh cabor, serta tingkat SMA dan SMK sederajat bertanding dalam enam cabor.

Beberapa cabang olahraga yang akan dilombakan, meliputi atletik, bulutangkis, catur, renang, senam, tenis meja, volly, karate dan pencak silat.Pembukaan kegiatan O2SN, LPI dan POPDA dimeriahkan dengan atraksi pencak silat, karate dari siswa atlet berperstasi dan penampilan tari poco-poco dari siswa SD 41 Mataram.(MN/LTD)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply