Puluhan Ribu Masyarakat Ramaikan Pawai Seni Budaya dalam Rangka HUT Yayasan Maraqitta’limat Ke-72

Global FM
9 Feb 2024 14:08
3 minutes reading

Mataram (Global FM Lombok)-

Yayasan Maraqitta’limat di tahun 2024 ini sudah berusia 72 tahun. Dalam rangka memeriahkan HUT Yayasan ini, Kamis 8 Februari 2024 digelar pawai seni budaya dengan melibatkan ratusan grub musik tradisional gendang beleq, kecimol dan lainnya.

Puluhan ribu penonton tumpah ruah di Lapangan Wanasaba Lombok Timur dan di jalanan sepanjang rute pawai seni budaya. Mereka menikmati hiburan gratis ini meski Lombok Timur sempat diguyur hujan lebat.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Maraqitta’limat Dr. TGH Hazmi Hamzar, SH, MH mengatakan, digelarnya kegiatan ini salah satunya untuk memelihara seni budaya masyarakat Lombok.

“Seni budaya yang muncul di masyarakat jangan sampai hilang. Kalau ini tak dipelihara, maka masuklah seni budaya orang luar. Warnanya lain yang sama sekali tak cocok dengan tradiisi orang di Lombok,” katanya.

Jika seni budaya yang lahir di masyarakat masih memiliki kekurangan, maka tugas semua pihak untuk menyempurnakannya sesuai dengan perkembangan zaman.

Jika masyarakat atau kelompok masyarakat mencintai budaya daerah, maka akan sulit untuk mencari budaya lain.

Selanjutnya, tujuan lain dari digelarnya pawai seni budaya ini yaitu untuk menarik perhatian pemerintah. Sebab festival seni budaya bagi masyarakat harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Terlebih banyak seni budaya Lombok hasil kreasi para leluhur yang belum pernah dimunculkan dan tak mendapat perhatian.

Kemudian, TGH Hazmi mengatakan, seni budaya yang berkembang di masyarakat bisa berkolaborasi dengan dunia pariwisata. Sebab atraksi budaya menjadi salah satu magnet pariwisata Lombok – Sumbawa. Sehingga selain keindahan alam, seni budaya menjadi sesuatu yang dicari oleh wisatawan saat berlibur ke daerah ini.

“Bahkan jika memungkinkan, dibikin menjadi salah satu syarat keluarnya izin hotel. Jangan ada keluar izin hotel jika tak mengakomodir seni budaya lokal. Sebab selama ini seni lokal tak ditampilkan di semua hotel,” kata anggota DPRD NTB dari PPP ini.

Dalam hal perhatian terhadap seni budaya lokal, NTB bisa melihat Bali atau sejumlah daerah di Jawa. Mereka sangat sering dan secara rutin membuat festival seni budaya dalam ranga memelihara tradisi dan sekaligus agar bisa dikmati oleh orang banyak.

Yayasan Maraqitta’limat sendiri adalah salah satu organisasi Islam di Lombok yang  berpusat di Desa Mamben Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur. Sebagai  organisasi keagamaan Islam, Maraqitta’limat memiliki kegiatan utama dalam bidang pendidikan, sosial, kesehatan, ekonomi dan dakwah islamiyah.

Pondok Pesantren Yayasan Maraqitta’limat didirikan pada tanggal 1 Januari 1952 oleh TGH. M. Zainuddin Arsyad. TGH. M. Zainuddin Arsyad merupakan salah seorang ulama kharismatik di Pulau Lombok yang memiliki andil besar memajukan dan meningkatkan SDM di Nusa Tenggara Barat.

Kini Yayasan Maraqitta’limat berkembang sangat pesat. Lembaga pendidikan dari TK hingga perguruan tinggi berjumlah lebih dari 100 lembaga yang tersebar di NTB, terutama di Pulau Lombok.(ris)

No Comments

Leave a Reply

Live Streaming