Penuhi Kebutuhan Masyarakat, BI NTB Siapkan Rp4,3 Triliun Uang Tunai Selama Ramadhan 2023

Global FM
21 Mar 2023 07:08
2 minutes reading
Heru Saptaji

Mataram (Global FM Lombok)- Bank Indonesia menyiapkan uang kartal sebanyak Rp4,3 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat di Ramadhan tahun ini. Seiring dengan aktifitas konsumsi yang ikut meningkat, kebutuhan akan uang tunai juga akan mengalami peningkatan.

“Dengan maningkatnya mobilitas masyarakat, kebutuhan uang kartal masyarakat akan meningkat, oleh karena itu kita sediakan uang Rp4,3 triliun dalam pecahan kecil maupun besar pada bulan Ramadhan ini,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) NTB, Heru Saptaji saat pembukaan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri (Serambi) di Islamic Center, Senin (20/3) kemarin.

Tahun ini kebutuhan uang tunai lebih meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Apalagi kondisi pandemi Covid-19 sedang dalam proses menjadi endemi, sehingga pergerakan aktifitas ekonomi masyarakat lebih meningkat dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Sehingga ketersediaan uang kartal lebih banyak disiapkan.

“Kenaikan 15,2 persen dari tahun lalu. Perkiraan kebutuhan kita Rp3,32 Triliun, tapi kita sediakan Rp4,3 triliun,” ujarnya.

Pada bulan suci Ramadhan 1444 H ini, BI NTB juga menyelenggarakan serangkaian kegiatan Serambi. Dengan tema paham rupiah, belanja bijak. Dimana masyarakat diajak semakin bangga menggunakan rupiah dalam bertransaksi serta bijak berbelanja, sesuai kebutuhan. Bukan berbelanja sesuai keinginan.

“Dengan demikian, fluktuasi harga barang akibat meningkatnya uang yang beredar selama Ramadhan dapat terkendali,” terangnya.

Selain itu, BI juga menyediakan layanan kas keliling di beberapa titik. Mengingat di bulan Ramadhan, biasanya ada tradisi bagi-bagi hol atau uang lebaran. Dimana banyak masyarakat membutuhkan yang pecahan kecil untuk dibagi-bagikan kepada saudara.

Bank Indonesia menyediakan Uang Pecahan Besar (UPB) Rp100 ribu – Rp50 ribu sebesar Rp3,99 triliun dan Uang Pecahan Kecil (UPK) ≤Rp20 ribu sebesar Rp307 miliar.

Lokasi kas keliling ada di 8 titik layanan di luar kota Mataram, diantaranya Tanjung Luar Kayangan, Kruak, Sakra, Selong, Tanjung, Senaru, Bayan, Gerung-Lembar, pelabuhan kayangan, pelabuhan Pototano, Taliwang-Maluk hingga Sanggar-Dompu.

Di Kota Mataram sendiri dipusatkan di area parkir Islamic Center. Dimana Bank Indonesia bersinergi dengan perbankan, mulai tanggal 6 hingga 20 April 2023.

Perbankan meningkatkan layanan penukaran uang tunai dan uang pecahan kecil di 116 titik jaringan kantor bank yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Provinsi NTB.

Mereka juga menyelenggarakan kegiatan edukasi cinta, bangga dan paham (CBP) rupiah, berkolaborasi dengan tokoh agama, pegiat ekonomi dan keuangan syariah.(ris)

No Comments

Leave a Reply

Live Streaming