Peduli pada Pengembangan UMKM, Relawan Ganjar-Mahfud Gelar Pelatihan Digital dan Manajemen

Global FM
28 Dec 2023 19:36
2 minutes reading

Mataram (Global FM Lombok)- Selama dua hari penuh, Rabu—Kamis (27—28/12), kegiatan “Pembinaan UMKM NTB: Pelatihan Digital dan Manajemen” digelar di Ball Room Puri Indah Hotel Kota Mataram.

Kegiatan yang melibatkan sekisar 80 UKM dari Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok ini diinisiasi oleh relawan Gerakan Ganjar-Mahfud GGMU NTB, sebagai bentuk kepedulian pada pengembangan UMKM di daerah.

“Ganjar-Mahfud memang punya visi misi yang peduli pada dunia bisnis, pengembangan UMKM, dan pengembangan dunia digital. Sebab itulah kegiatan ini kami niatkan untuk memberikan pelatihan tentang digital marketing dan manajemen kepada pelaku UKM di NTB,” jelas Muhammad, kordinator wilayah GGMU NTB.

Pelatihan pembinaan ini diampu oleh Indah Purwanti, perempuan pelaku usaha pendiri Lombok Womenpreneur Club (LWC). Pesertanya berasal dari pelaku usaha di pulau Sumbawa dan Pulau Lombok, dan mayoritas berlatar usaha kerajinan, kuliner, dan kecantikan.

Indah membekali para peserta dengan materi-materi seperti Bisnis Model Canvas (BMC), analisa SWOT, social media marketing, dan kelas praktik selama sehari penuh.

“Dalam kelas praktik peserta diajarkan membuat konten dari aplikasi canva dan cat cut, untuk mengedit foto dan video untuk usahanya,” terang Indah.

Materi-materi yang diberikan, masih menurut Indah, sangat dibutuhkan oleh pelaku UKM di NTB. Sehingga, pelatihan pembinaan seperti yang digelar oleh GGMU NTB perlu dilakukan secara intensif.

“UMKM butuh sekali untuk meng-upgrade diri dan skill mereka. Saya yakin masih banyak UMKM di luar sana yang belum dapat akses pada pendidikan dan ilmu tentang bisnis,” terang Indah.

Beberapa peserta mengakui materi-materi yang disampaikan sangat diperlukan. “Entah ini kali keberapa saya dapat materi BMC dan analisis SWOT. But jujurly, baru kali ini saya benar-benar paham. Terima kasih untuk Indah Purwanti (pemateri), ilmunya sangat bermanfaat sebagai bahan refleksi dan evaluasi untuk kami,” jelas Gita Baitari, salah satu peserta kegiatan.

Senada dengan Gita, peserta lain, Rahma W Sari, mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat untuknya. “Bahasa penyampaiannya mudah dipahami. Selama ini kalau dengat BMC dan analisas SWOT itu aku merasa itu sesuatu yang berat. Tapi sekarang aku benar-benar paham,” ujarnya.

Indah berharap UMKM di NTB dapat naik kelas dan terus belajar. “Apalagi tentang digital marketing tidak bisa selesai sampai di sini. Mereka harus terus belajar dan upgrade diri agar tidak tertinggal,” katanya.

Tak lupa Indah memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada program GGMU ini. “Ini bukti Ganjar-Mahfud support UMKM melalui gerakan nyata. Terima kasih Gerakan Ganjar Mahfud NTB yang sudah menyelenggarakan acara yang keren untuk 80 UMKM NTB,” tandasnya.(r)

No Comments

Leave a Reply

Live Streaming