KemenPUPR Diminta Antisipasi Jalan Rawan Banjir Jelang Mudik

Global FM
30 Mar 2024 09:06
2 minutes reading

Mataram (Global FM Lombok)

Genangan air muncul setinggi 10 sentimeter di Tol Sedyatmo arah Bandara Soekarno-Hatta mulai dari KM 26 dan arah Jakarta di KM 25+100 dan KM 31, pada hari Jumat 22 Maret 2024.

Hal ini akibat terjadinya curah hujan tinggi selama beberapa hari yang mencapai 200 milimeter. Walaupun genangan ini telah susut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Provinsi Banten berencana untuk melakukan pengerukan sedimen long storage di Jalan Tol Sedyatmo dan melakukan penggantian pompa air untuk mencegah terjadinya kembali genangan tersebut.

Anggota Fraksi PKS DPR RI H. Suryadi Jaya Purnama berpandangan dengan semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri 1445H maka KemenPUPR perlu melakukan kajian hidrologi di seluruh jalan yang berada di daerah rawan banjir yang merupakan bagian dari jalur utama mudik sehingga penanganannya dapat tuntas H-10 Lebaran.

“Selain itu, perlu dilakukan evaluasi bersama pihak terkait untuk menentukan langkah pencegahan guna mengantisipasi terjadinya banjir di jalur-jalur mudik, apalagi saat ini sering terjadi cuaca ekstrem dan tidak menentu,” kata SJP, sapaan akrabnya, Sabtu (30/3) kemarin.

Fraksi PKS juga meminta agar Pemerintah mempersiapkan sistem pengalihan yang tepat agar tidak menimbulkan kemacetan baru dengan berkoordinasi dengan semua pihak, termasuk Pemda, sehingga dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik selama perjalanan pulang ke kampung halaman.(r)

No Comments

Leave a Reply

Live Streaming