Inilah Profil Mahfud MD, Si Pendekar Hukum dan Pembela Wong Cilik dari Madura

Global FM
3 Nov 2023 10:21
2 minutes reading

Mataram (Global FM Lombok)- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menjadi calon wakil presiden dari Ganjar Pranowo melalui pengumuman yang disampaikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tanggal 18 Oktober 2023.

Megawati menilai Mahfud MD sebagai seorang sosok intelektual mumpuni dan memiliki pengalaman serta pengetahuan yang lengkap. Mahfud, memiliki pengalaman baik di eksekutif, legislatif maupun di yudikatif. Karena rekam jejak dan kiprahnya selama ini Mahfud MD disebut sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik.

Siapakah sosok Mahfud MD yang dipilih Megawati untuk mendampingi Ganjar Pranowo itu?. Nama asli Mahfud MD adalah Muhammad Mahfud, ia lahir di Sampang, Madura, Jawa Timur 66 tahun lalu. Tepatnya 13 Mei 1957.

Mahfud merupakan anak keempat dari tujuh orang bersaudara. Sosok Mahfud MD dikenal sebagai akademisi profesor hukum tata negara. Pada era Presiden Jokowi dirinya ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan.

Mahfud dikenal sebagai sosok yang selalu memperjuangkan hukum dengan keputusan yang bijak, terutama dalam sistem kenegaraan di Indonesia. Bahkan menurut Mahfud apabila tatanan hukum berjalan dengan baik, maka setengah dari persoalan bangsa akan terselesaikan. Ia bertekad memberikan kepastian hukum kepada kalangan atas dan perlindungan hukum bagi rakyat kecil.

Selain dikenal sebagai akademisi, sosok Mahfud MD pernah mengembangkan beberapa jabatan strategis, diantaranya Menteri Pertahanan RI tahun 2000 hingga 2001. Kemudian pada tahun 2001 pernah menjadi Menteri Kehakiman dan HAM. Mahfud juga pernah terjun di dunia politik menjadi anggota DPR RI komisi III tahun 2004 hingga 2006. Tahun 2006 hingga 2007 masih menjadi DPR RI di komisi I dan pada 2007 hingga 2008 kembali di komisi III DPR RI.

Setelah hampir empat tahun menjadi anggota legislatif, Mahfud MD mengemban amanah sebagai ketua Mahkamah Konstitusi tahun 2008 hingga 2013. Pada 2019 hingga sekarang dipercaya menjadi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan oleh Presiden Jokowi.(ris)

 

 

 

 

No Comments

Leave a Reply

Live Streaming