Gelar Haul, Forsihaj 2018 Kota Mataram Santuni Yatim dan Lansia Serta Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Global FM
18 Feb 2023 19:46
Peristiwa Sosial 0 1649
3 minutes reading

Mataram (Global FM Lombok)- Forum Silaturahmi Jemaah Haji (Forsihaj) Kota Mataram 2018 yang tergabung pada Kloter 4 Haji NTB melaksanakan Haul atau Reuni Akbar ke-3. Kegiatan ini berlangsung Sabtu 18 Februari 2023 / 27 Rajab 1444 H di Aula Bir Ali I Asrama Haji NTB jalan Lingkar Selatan Kota Mataram.

Haul/Reuni Akbar ke-3 ini dihadiri lebih dari 500 peserta yang terdiri dari 100 anak yatim dan lansia yang berasal dari kampung Mapak Dasan atau area sekitar Asrama Haji. Selebihnya kegiatan ini dihadiri oleh para anggota Forsihaj 2018 Kota Mataram sebanyak 450 dan 5 petugas Haji (1 Kloter Pesawat) 2018.

Reuni Akbar ke-3 ini dihadiri Walikota Mataram H. Mohan Roliskana dan juga para pejabat lainnya dari Provinsi NTB dan Kota Mataram yang ikut mendukung dan meramaikan kegiatan ini.

Yang menarik perhatian terutama bagi para Ibu-Ibu adalah kehadiran Muhammad Naja Huda Afifurrahman Asifian yang biasa disapa Hafidz Naja. Dalam kesempatan itu ia melantunkan hafalan ayat suci Alquran surah Al-Isro ayat 1-7.

Hj. Raodah yang tergabung dalam Rombongan 7 menyampaikan rasa bangganya bertemu Naja.

“Biasanya ananda Hafiz Naja kita tonton lewat TV sekarang bisa bertemu langsung,” ucapnya girang.

Puncak acara diisi oleh sajian tausiyah oleh penceramah milenial Habib Hasan bin Zain Alydrus dari Tinggar Ampenan dengan tema “Mabrur dan Menjadi Teladan Bagi Sesama”.

Habib berpesan agar jemaah tetap mdnjaga dan membina silaturahmi, karena inilah perintah agama dan bagian dari ciri-ciri haji mabrur.

“Tetap jaga silaturahmi ini ditambah lagi dengan membantu sesama karena inilah ciri jaji mabrur ,” ucapnya.

Selanjutnya Habib memimpin doa bagi 19 anggota Forsihaj yang sudah wafat dan ada puluhan jemaah yang saat ini dalam kondisi sakit untuk didoakan oleh Habib Hasan bin Zain Alydrus.

Reuni Akbar ini berlangsung sangat meriah karena pelaksanaannya dimulai sejak pukul 07.00 pagi yang diawali dengan pemeriksaan kesehatan gratis bagi semua jamaah Haji dan juga para anak yatim juga para lansia. Ada 3 Tim Kesehatan yang didatangkan untuk biasa membantu masyarakat.

Tak lupa acara hiburan juga disajikan seperti Bages Elekton dan penampilan kelompok Sholwat/Hadroh Majelis As SyafI’i yang juga asuhan dari Habib Hasan bin Zen Alydrus dari Linggar.

Walikota Mataram sangat terkesan dengan kegiatan semacam. Ia mengatakan baru pertama kali mendengar atau hadir ada acara Jamaah Haji 2018 yang masih solid dan terjaga silaturrahminya.

“Baru kali ini saya mendengar ada Forum Haji yang masih terjaga dan saya berharap untuk tetap solid dan tetap berkegiatan sosial untuk membantu sesama,” harapnya.

Usai sambutan, Walikota Mataram memberikan bantuan secara simbolis kepada anak-anak yatim piatu dan lansia. Bantuan juga berita ratusan kg beras yang diperuntukkan bagi Pondok Pesantren Narussalamah pimpinan TGH. Mahdudin, bantuan beras ini dari H. Azharudin Rombongan 8 Regu 30.

Ketua Forsihaj Kota Mataram 2028 H. Rifaii S.Ag, M.E. mengatakan pihaknya akan tetap berkegiatan seperti ini setiap tahunnya terutama untuk membantu sesama dan gerakannya akan lebih diperluas lagi

Ini terbukti dari pernyataan Kepala Kampung Mapak Dasan yang lokasinya berada belakang gedung Asrama Haji. Ia mengucapkan terimakasihnya kepada penyelenggara karena warganya telah terbantu.

Acara ini sukses berlangsung hingga waktu zuhur tiba. Semua ini tidak lepas dari pertolongan Allah SWT dan peran dari Ketua Panitia H.M. Charnoto S.KM, MM, Sekretaris H. Akmad Tawakal, Bendahara H. Supardin, Bagian Umum H.Indra dan Humas H.Tarmidzi S.Kom, ME.

Penyelenggara mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Mataram, BPR NTB Cabang Mataram, Baznas Kota Mataram, PT Ridho Ilahi, Nusra Tour NTB, Rumah Bakso, Lesehan Goyang Lidah, Al-Thaff Bus Transportasi Pariwisata Lombok, Daun Melayang/Pisgor Bupati dan semua parasimpatisan yang berkontribusi terhadap kegiatan ini.(ris)

No Comments

Leave a Reply

Live Streaming