Di Musim Kemarau Ini Dinsos NTB Beri Pelayanan Air Bersih

Global FM
5 Jul 2024 11:49
2 minutes reading

Mataram (Global FM Lombok)-

Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi NTB tetap melayani permintaan air bersih untuk masyarakat yang membutuhkan. Daerah yang menjadi prioritas di antaranya semua kecamatan di Kabupaten Lombok Utara (KLU), sejumlah kecamatan di Kabupaten Lombok Barat seperti di kecamatan Gunung Sari dan Kecamatan Sekotong.

Kepala Dinsos NTB Dr. H. Ahsanul Khalik, MH mengatakan, selain dua kabupaten di atas, pelayanan air bersih juga diberikan ke Lombok Tengah wilayah selatan, kemudian Wilayah Lombik Timur terutama di kecamatan Jerowaru, dan beberapa desa di kecamatan Terara dan Sikur.

“Kemudian kecamatan Pringgabaya dan Kecamatan Suela juga ada beberapa desa yang memang setiap tahunnya sudah menjadi langganan untuk pelayanan air bersih pada saat musim kering,” kata H. Ahsanul Khalik  Kamis (4/7) kemarin.

Ahsanul Khalik mengatakan, armada pengangkut air bersih yang dimiliki Dinsos NTB sebanyak empat unit mobil tangki dengan kapasitas masing-masing 5000 liter. Seluruh mobil ini ada di gudang Dinsos NTB. Sebenarnya ada satu mobil tangki lagi yang dimiliki oleh Dinsos NTB, namun ditempatkan di Dinsos Kabupaten Dompu untuk bisa membantu pelayanan di kabupaten tersebut, karena Disnos Dompu tidak memiliki mobil tangki.

“Adapun penanganan air bersih untuk Pulau Sumbawa ditangani oleh Dinas Sosial Kabupaten/Kota karena sudah ada juga mobil tangki masing-masing,” ujar Dr. Aka, sapaan akrabnya.

Aka mengatakan, Dinsos NTB sejak bulan Mei kemarin sudah mulai mendapatkan permintaan dari masyarakat di wilayah yang langganan kekeringan atau yang membutuhkan pasokan air bersih. Untuk sementara ini pelayanan dilakukan di beberapa titik saja.

Direncanakan pelayanan air bersih akan bertambah banyak pada bulan September 2024 sampai Januari 2025, dan ini akan dilakukan secara bergilir di semua wilayah. Pada prinsipnya kata Dr. Aka, Disnsos NTB akan tetap siap memberikan pelayanan sesuai dengan kemampuan yang ada.

“Prinsipnya Dinas Sosial akan siap dengan kemampuan dan daya yang ada,” imbuhnya.
Disamping itu Dinsos NTB juga akan mengajak pihak swasta melalui CSR BUMN dan BUMD, dan juga lembaga-lembaga lainnya yang selama ini ikut ambil bagian dalam penanganan kebutuhan air bersih seperti LAZ Dasi NTB, PMII dan LSM yang bergerak pada bidang sosial.

“Dinas Sosial kabupaten yang di Pulau Lombok juga masing-masing memiliki armada mobil tangki dan ini juga dioperasikan, dan khusus mobil tangki yang ada di Dinas Sosial Kota Mataram nanti akan dipakai membantu penyaluran oleh Dinas Sosial Provinsi,” tutupnya.(ris)

 

No Comments

Leave a Reply

Live Streaming