Baru Tiga Ribuan Jamaah Calon Haji NTB Lunasi BPIH

Global FM
27 Apr 2017 17:00
Pemerintahan 0 1174
2 minutes reading

Para Jamaah Haji ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)- Sampai saat ini, jumlah jamaah calon haji asal NTB yang telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) baru tiga ribuan calon jamaah haji. Melihat batas waktu pembayaran BPIH yang jatuh pada tanggal 5 Mei 2017 mendatang, diperkirakan akan ada jamaah calon haji yang tidak melunasi BPIH nya. Namun, diharapkan calon jamaah haji yang melunasi BPIH tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu.
Hal itu disampaikan Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, H. Ma’had Umar di Mataram, Kamis (27/4). Ia mengatakan, jika kemudian nanti ada sisa setelah tanggal 5 Mei itu, maka akan diperuntukkan bagi lansia serta penggabungan suami istri apabila salah satunya telah melunasi BPIH. Ia juga menuturkan bahwa calon jamaah haji tahun ini akan berangkat menggunakan pesawat berbadan lebar, yakni pesawat Boeing 747 – 400 dengan kapasitas 455 orang. “Kalau yang kemarin kita menggunakan Air bus 330 yang isinya 360″ ujarnya.
Adapun kloter calon jamaah haji NTB masih seperti semula yakni 10 kloter karena jumlah jamaah yang berangkat haji bertambah dari 3.464 menjadi 4.476 orang. Ia juga mengatakan bahwa terdapat sebanyak 14 orang jamaah calon haji NTB di kloter terakhir yang akan digabung dengan daerah lain yang berangkat menggunakan pesawat dengan jenis yang sama seperti NTB. Secara nasional, keberangkatan perdana kloter pertama pada tanggal 28 Juli mendatang. “Tapi ada potensi kita akan ditempatkan di gelombang kedua yang akan berangkat tanggal 16 Agustus. Kita berharap seluruh jamaah ini secara rutin memeriksakan kesehatannya. Karena banyak yang datang ke puskesmas itu cuma minta surat keterangan sehat”,ujarnya. (dha)-

No Comments

Leave a Reply