Bantu Majukan Produk Budi Daya Lebah Trigona di Lombok Barat, Relawan Ganjar-Mahfud NTB Gandeng Petani Milenial

3 minutes reading

Giri Menang (Global FM Lombok) – Sukarelawan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang terdiri atas pemuda-pemudi di Nusa Tenggara Barat (NTB) turut membantu memajukan produk budi daya lebah trigona, melon, dan jamur tiram.

Sukarelawan pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 tersebut memberikan edukasi kepada masyarakat guna meningkatkan budi daya dan produksi madu, melon, dan jamur tiram di Desa Gegelang, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, pada Kamis (7/12).

Muhammad Rusman Hadi sebagai perwakilan koordinator Relawan Ganjar-Mahfud MD mengatakan pihaknya menggandeng petani lebah trigona, melon, dan jamur tiram.

“Kami memberikan pembelajaran atau materi kepada masyarakat mengenai budi daya lebah trigona dan lainnya,” ungkapnya.

Pria berusia 22 tahun tersebut melihat antusiasme puluhan masyarakat Lombok sangat luar biasa. Para peserta yang mayoritas para petani milenial juga mengungkapkan permasalahan yang kerap dihadapinya.

“Saya lihat tadi banyak sekali antusias masyarakat di sini untuk mengikuti kegiatan pada hari ini. Bahkan, mereka itu banyak sekali yang bertanya mengenai budi daya lebah trigona ini,” katanya.

Loyalis paslon Ganjar-Mahfud di NTB ini terus memberikan pelatihan dan edukasi terkait pertanian dan budi daya lebah agar menstimulasi masyarakat khususnya milenial untuk menjadi pengusaha muda.

“Tujuannya yang pertama itu untuk mendorong masyarakat menjadi pengusaha, termasuk pengusaha lebah,” ungkapnya.

Pihaknya juga siap membantu memasarkan produk petani milenial seperti madu, melon, dan jamur tiram.

“Kami siap membantu masyarakat memasarkan produknya. Entah itu madu. Yang dihasilkan oleh lebah, terus jamur, dan melonnya,” ujarnya.

Sementara itu, Saipul Bahri, Ketua Kelompok Lebah Trigona Desa Gegelang, merasa bersyukur Relawan Ganjar-Mahfud di kalangan anak muda ini merangkul tiga kelompok tani di wilayahnya.

“Alhamdulillah besar sekali manfaat untuk kami di sini, terutama di 3 kelompok tani. Karena kondisi kita di sini biasanya untuk pemasaran dan segala itu sangat sulit sekali,” ucapnya.

Menurut pria berusia 35 tahun tersebut, relawan Ganjar-Mahfud ini dapat membantu meningkatkan produktivitas para petani di Lombok Barat melalui pelatihan, edukasi, dan bantuan bibit.

“Alhamdulillah dari paparan-paparan yang dijelaskan Relawan Ganjar-Mahfud. Terima kasih yang sebesar-besarnya. Kami apresiasi ini untuk meningkatkan produktivitas kami ke depan,” tuturnya.

Dia sebagai petani setempat berharap program-program paslon Ganjar-Mahfud nanti bisa menyejahterakan petani NTB.

“Harapan kami semua, mudah mudahan kita sebagai UMKM yang ada di dusun ini bisa diperhatikan untuk program program Bapak Ganjar-Mahfud,” katanya.

Dia turut mendoakan Ganjar-Mahfud menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Dilihat serta sepak terjang beliau sudah banyak pengalaman dan tentu sekali hal itu membuat masyarakat yakin untuk memilih beliau,” katanya.

Influencer milenial bernama Gusti Ayu Anderia Marilanda mengatakan pelatihan yang digelar relawan Ganjar-Mahfud ini sangat bermanfaat bagi para petani milenial di wilayah ini.

“Tadi acaranya cukup menarik dan bermanfaat untuk warga yang ada di sini karena bisa membantu warga di sini untuk memasarkan produknya. Karena kan tadi ada petani madu, melon, jamur,” ucapnya.

Relawan tersebut turut memberikan bantuan berupa bunga santos, stup (tempat budi daya lebah trigona), bibit melon, dan jamur tiram.

Mereka juga menghadirkan influencer muda lokal untuk memberikan semangat kepada milenial Lombok Barat. Misalnya, Gusti Ayu Anderia Marilanda, Ijonk Traveler, dan Sri Apriyanti.(r)

 

No Comments

Leave a Reply