KPU Loteng Mulai Gencar Sosialisasi Tahapan Pilkada 2020

KPU Loteng mulai sosialisasi Pilkada

KPU Loteng Mulai Gencar Sosialisasi Tahapan Pilkada 2020


Praya (Global FM Lombok)-KPU Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) sudah mulai gencar melakukan sosialisasi tahapan, program serta jadwal pilkada 2020. Sosialisasi menyasar sejumlah elemen masyarakat, mulai dari pengurus parpol,OPD yang menjadi stakeholders terkait pilkada, ormas hingga masyarakat yang berpotensi maju di pilkada melalui jalur perseorangan.

Ketua KPU Loteng Ahmad Fuad Fahrudin kepada Global FM Lombok Kamis (12/12) mengatakan, salah satu sosialisasi yang dilakukan KPU yaitu pada Rabu (11/12) lalu di aula KPU dengan beragam materi yang berkaitan dengan tahapan, program serta jadwal pilkada.

Ia mengatakan, kandidat bakal calon perseorangan di Loteng diharapkan bisa memahami semua hal terkait pilkada 2020 sehingga mereka bisa mempersiapkan diri. Terlebih ada perubahan regulasi yang berkaitan dengan jadwal penyerahan dukungan kepada KPU. Ketentuan awal menyebutkan, penyerahan dukungan dari tanggal 11 Desemeber 2019 – 5 Maret 2020. “Namun ketentuan itu berubah menjadi hanya lima hari saja yaitu dari tanggal 19 – 23 Februari 2020. Hanya lima hari saja,” kata Ahmad Fuad.

Fuad mengatakan, perubahan ketentuan terkait penyerahan dukungan untuk calon perseorangan sebenarnya memberi keuntungan untuk mereka, karena kepastian jadwal penyerahan menjadi lebih menarik. “Ini untuk memacu bakal calon perseorangan itu sendiri,” terangnya.

Adapun syarat dukungan dan sebaran syarat dukungan untuk calon perseorangan di Loteng yaitu jumlah minimal dukungan sebanyak 57.037 dukungan atau 7,5 persen dari DPT pemilu tahun 2019 yang berjumlah 760.482 pemilih. Syarat dukungan itu tersebar minimal di tujuh kecamatan dari total 12 kecamatan di Loteng.  

Setelah syarat dukungan diserahkan, KPU selanjutnya akan melakukan verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen dukungan. Tim KPU akan melakukan kegiatan ini tanggal 27 Februari sampai 25 Maret 2020. Verifikasi faktual di tingkat kelurahan juga akan dilakukan serta rekapitulasi dukungan di tingkat kecamatan hingga tingkat KPU Kabupaten. Rekapitulasi dukungan di tingkat KPU kabupaten akan digelar tanggal 23 – 24 April 2020.

Adapun pendaftaran paslon Bupati dan Wakil Bupati Loteng dibuka oleh KPU tanggal 16-18 Juni 2020. Selain tahapan berupa verifikasi persyaratan pencalonan dan syarat calon, KPU juga memberikan ruang kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan serta masukan kepada paslon yang sudah mendaftar di KPU.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply