Dimakamkan Secara Militer, Isak Tangis Sambut Kedatangan Jenazah TNI Korban KKSB Papua

Pemakaman Almarhum Praka Anumerta Sirwandi M. Zahidillah secara militer di pemakaman umum Dusun Selawing Desa Sakra Selatan Kecamatan Sakra, Lotim, Senin (19/8).

Selong (Suara NTB) – Isak tangis pecah menyambut kedatangan jenazah Praka Anumerta Sirwandi M. Zahidillah saat tiba di rumah duka di Dusun Selawing Desa Sakra Selatan Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur (Lotim), NTB. Prajurit terbaik TNI AD dari Yonif RK 751/VJS ini diserahkan oleh pihak keluarga melalui upacara penyerahan kepada kesatuan TNI AD untuk dimakamkan secara militer.

Kedatangan jenazah Praka Anumerta Sirwandi M. Zahidillah tidak bisa membendung isak tangis dan derai air mata keluarga dan ratusan masyarakat yang sejak pagi menunggu kedatangan jenazah yang gugur saat bertugas di Papua tersebut. Upacara pemakaman dilakukan, Senin (19/8) siang di pemakaman umum Selawing Desa Sakra Selatan.

Bertindak selaku Inspektur Upacara pemakaman jenazah, Kasrem 162/Wirabhakti, Letnan Kolonel Infanteri Endarwan Yansori. Ia mengatakan Praka Anumerta Sirwandi M. Zahidillah merupakan putra terbaik yang masuk dalam kesatuan TNI AD asal Dusun Selawing Desa Sakra Selatan Kecamatan Sakra berdinas di Yonif 751/VJS gugur dalam melaksanakan tugas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga Papua.

Praka Anumerta Sirwandi M. Zahidillah gugur tertembak oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) kelompok Egianus Kogoya di kilometer 39 Jalan Trans Wamena-Habema Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua pada Jumat 16 Agustus 2019 lalu. Ia tertembak pada bagian pinggang dan sebelum meninggal pada 17 Agustus 2019. Ia sempat mendapat perawatan medis di ICU RSUD Wamena.

Sebelum masuk kesatuan TNI AD, Praka Anumerta Sirwandi M. Zahidillah yang lahir di Sakra tanggal 24 Agustus 1996 sebelumnya mengenyam pendidikan di SDN 6 Sakra tahun 2008, Madrasah Tsanawiyah tahun 2011 dan Madrasah Aliyah (MA) tahun 2014. Selanjutnya masuk militer dan sekolah calon Tamtama tahun 2015, pendidikan reader tahun 2017. Semasa hidupnya berbagai penugasan dilaksanakan termasuk operasi rawan khusus di Provinsi Papua dan meninggal pada 17 Agustus 2019 setelah terjadi kontak senjata dengan KKSB Papua dalam operasi pengamanan rawan.

Bupati Lombok Timur (Lotim), H. M. Sukiman Azmy, MM mengatakan pemerintah Kabupaten Lotim turut berbela sungkawa atas gugurnya salah satu prajurit terbaik TNI AD yang berasal dari Kabupaten Lotim. Kehadiran pemerintah daerah dalam rangka mendoakan supaya amal ibadah semasa hidupnya diterima dan salah khilaf diampuni oleh Allah SWT.

Dalam sambutannya, mantan Dandim 1615 Lotim ini mengaku bangga terhadap perjuangan dan pengabdian yang dilakukan oleh Praka Anumerta Sirwandi M. Zahidillah yang rela mempertaruhkan nyawanya untuk berjuang mempertahankan NKRI. Untuk itu bupati meyakini bahwa salah satu putra terbaik dari Lotim ini patut disebut pahlawan yang jenazahnya di makamkan di Dusun Selawing Desa Sakra Selatan. “Pemda Lotim bangga, orang tua harus bangga dan ikhlas serta tulus melepas kepergian almarhum menghadap Allah SWT,”pesan bupati. (yon)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply