Blanko KTP Elektronik di Loteng Kosong Lagi

Proses perekaman E KTP ( Global FM Lombok/dok)

Praya (Global FM Lombok) – Blanko KTP elektronik di Kabupaten Lombok Tengah sudah kosong sejak sebulan terakhir. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Baiq Anita Nindiana mengaku bahwa kosongnya blanko KTP elektronik ini dikeluhkan warga yang mengurus dokumen kependudukan.

Akan tetapi, blanko KTP elektronik saat ini sedang langka di pemerintah pusat. Dari ribuan blanko yang diusulkan per bulan,  Dukcapil hanya memperolah sekitar 500 blanko. Sedangkan per harinya,  jumlah warga yang mengurus KTP elektronik di kantor Dukcapil mencapai 300 orang per harinya. Untuk menyikapi hal ini,  pihaknya menerbitkan Surat Keterangan (Suket) sebagai pengganti KTP elektronik.

“Blanko E KTP kosong sejak bulan Juli ini. Makanya kita ganti pakai Surat Keterangan (Suket). Sekarang ini blanko lagi langka.  Sedikit saja kita dapatnya dari pusat, cuma 500 blanko kita dapat.  Sekarang ini tim kami akan mengambil ke pusat blanko. Ini karena Pemilu kemarin diprioritaskan jadi sekarang langka”, katanya.

Menurut dia,  langkanya blangko KTP elektronik ini lantaran terjadi pencetakan KTP elektronik secara masif saat Pemilu 2019 kemarin.  Di samping itu,  banyak juga warga yang sudah menginjak usia 17 tahun yang mengurus KTP elektronik dan ada juga yang hilang sehingga harus diurus kembali.

Ia mengatakan, pencetakan KTP elektronik setelah ada blanko nanti akan diprioritaskan bagi warga yang sama sekali belum memiliki KTP elektronik.  Sementara itu,  jumlah wajib KTP di Lombok Tengah sebanyak 753.290 orang. Namun yang sudah melakukan perekaman yakni 697.713 atau 92 persen.  Sedangkan total KTP elektronik yang sudah dicetak mencapai 739.339 keping. (dha) –

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply