Pilkada Serentak, PKB akan Usung Kader di Empat Daerah

Sekretaris DPW PKB NTB, Akhdiansyah ( kanan) dalam sebuah kesempatan

Mataram (Suara NTB) -Sejumlah parpol mulai melakukan tahapan di tingkat internal untuk menghadapi Pilkada serentak 2020 yang akan digelar di tujuh kabupaten/kota. Namun berbeda halnya dengan PKB, yang belum akan mulai melakukan tahapan internal dalam menyambut Pilkada serentak 2020 di NTB.

PKB baru akan mulai melakukukan tahapan persiapan menghadapi Pilkada serentak 2020 usai menggelar Muktamar yang direncanakan akan dilaksanakan tanggal 20 Agustus mendatang. Dalam Muktamar itu akan diagendakan pemilihan Ketua Umum DPP PKB periode lima tahun ke depan.

“Karena kita fokus Muktamar, September baru kita bentuk desk Pilkada 2020,” ujar Sekretaris DPW PKB NTB, Akhdiansyah, yang dikonfirmasi Kamis (25/7). Pembentukan desk Pilkada  disesuaikan juga dengan dimulai pelaksanaan tahapan Pilkada serentak 2020. Nantinya, desk Pilkada itu akan dibentuk di masing-masing DPC kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada. Meliputi Kota Mataram, Lombok Utara, Lombok Tengah, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu dan kabupaten Bima.

Tujuan pembentukan desk Pilkada tersebut, untuk mengordinasikan dan komunikasi semua hal terkait persiapan PKB untuk menghadapi kontestasi di Pilkada 2020. Desk Pilkada dibentuk juga untuk menjaring dan menerima pendaftaran bakal calon kepala daerah sampai pada survei penerimaan terhadap calon, baik penjaringan unsur kader maupun non kader.

“Bahkan, Desk Pilkada ini nanti mengawal bagi terbit SK rekomendasi  calon di DPP,” ungkap caleg DPRD NTB terpilih itu. Lebih lanjut, seperti parpol lainnya, PKB juga tentu akan berikan prioritas bagi kader terbaik diusung di Pilkada. Ada empat daerah akan jadi prioritas bagi parpol berbasis Nadhiyin di Pilkada. Lantaran, raihan kursi dimiliki di DPRD setempat, dan PKB juga memiliki kader terbaik dipersiapkan maju bertarung di Pilkada 2020.

Empat daerah dimaksud, yakni Lombok Utara perolehan 3 kursi, Lombok Tengah perolehan 6 kursi, Sumbawa perolehan 4 kursi dan Dompu perolehan 4 kursi. Sedangkan, kader digadang-gadang di empat daerah yang menjadi prioritas tersebut yaitu ketua DPC KLU, Djohan Sjamsu, Ketua DPC Lombok Tengah, Lalu Pelita Putra, untuk Pilkada Sumbawa dua kader yakni Ir. Mokhlis dan Rasidi, dan Ketua DPC Dompu, Muhammad Amin. “Khusus untuk empat Pilkada ini kita istimewakan dengan kita utamakan kader,” ujarnya.

Meski demikian, pada prinsipnya, kader akan diutamakan diusung di Pilkada empat daerah tersebut, Tetapi PKB tetap berikan peluang terbuka bagi non kader didorong dan diusung oleh PKB. Pasalnya, di semua kontestasi Pilkada digelar di tujuh kabupaten kota itu PKB harus jajaki koalisi dengan parpol lainnya.

Namun karena mekanisme ada, lanjutnya, melalui desk Pillkada, Pilkada di empat daerah itu tetap memberikan prioritas bagi kader. Baik sebagai bakal calon Bupati atau bakal calon wakil Bupati. “Peluang bagi calon diluar kader tetap ada, karena PKB tidak bisa mengusung paslon sendiri,” pungkasnya. (ndi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply