Kawasan Hutan Savana di TNGR Kembali Alami Kebakaran

Upaya pemadaman Kebakaran TNGR( dok)

Mataram (Global FM Lombok)- Kebakaran kembali melanda kawasan hutan savana Propok yang menjadi  bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Titik api dilaporkan pertama kali oleh masyarakat setempat pada hari Minggu 7 Juli kemarin pukul 13.17 Wita. Selanjutnya tim pemadam kebakaran hutan mulai terjun ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api agar tak menjalar ke lokasi lainnya.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Sudiyono kepada wartawan, Senin (8/7) mengatakan, pada Minggu sore kemarin, titik api yang mengarak ke Propok dan Pusuk Sembalun dapat dipadamkan oleh tim pemadam. Namun titik api yang mengarak ke Gunung Kondo tidak dapat dipadamkan lantaran curamnya tebing di gunung tersebut.

Ia mengatakan, sejauh ini tim belum bisa memastikan penyebab kebakaran wilayah TNGR karena masih dalam proses penyelidikan. Sudiyono memastikan bahwa peristiwa kebakaran ini tidak menganggu wisatawan yang melakukan pendakian ke Gunung Rinjani.

Sudiyono mengatakan, kawasan yang terbakar diperkirakan seluas 115 hektar. Adapun vegetasi yang terbakar antara lain rumput, alang, semak dan perdu. Tidak ada laporan korba jiwa dalam peristiiwa kebakaran ini.  Hingga Senin sore, api masih terpantu di beberapa titik di kawasan TNGR.(ris)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply