Sudah Resmi Dibuka, Dinas Dikbud Minta Semua Pihak Taati Aturan PPDB

Pemandangan saat dibukanya PPDB ( Suara NTB/dok)

Mataram (Global FM Lombok)- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB sudah mulai membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA sejak tanggal 17 – 20 Juni 2019 untuk jalur prestasi. Para wali murid dan juga pihak sekolah diminta untuk mematuhi aturan zonasi yang sudah diberlakukan.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, H. Rusman kepada Global FM Lombok Selasa (18/6) di Mataram. Ia mengatakan, Dinas Dikbud NTB sudah menentukan berapa persen peserta didik yang akan diterima di masing-masing jalur. Dirincikan, untuk jalur prestasi  jumlah peserta didik yang akan diterima sebesar lima persen dan lima persen untuk perpindahan penduduk, jalur zonasi sebesar 90 persen.

“Dua persen untuk prestasi akademik, dua persen untuk prestasi non akademik contohnya dapat sertifikat olahraga dan lain sebagainya. Dan satu persen untuk jalur tahfiz.  Itu sedang berlaku sekarang dari tanggal 17 – 20 Juni. Ini seleksinya untuk yang berprestasi. Kepindahan orang tua dari luar kesini itu lima persen koutanya. Sistem yang kita terapkan saat ini, mohon maaf dan saya berharap kepada kita semua untuk mendukung sistem zonasi ini. Sudah ditentukan sekolah ini masuk sekolah mana saja,”terang Rusman

Rusman mengatakan, untuk jalur zonasi ini dibagi ke dalam dua bagian yaitu 65 persen melalui jalur umum dan 25 persen untuk pra sejahtera. Sehingga nantinya, peserta didik yang melalui jalur pra sejahtera ini merupakan penerima program keluarga harapan dan memiliki kartu Indonesia pintar.

Sementara untuk pengawasan, pihaknya sudah mengingatkan kepada kepala sekolah dan juga pegawai di Dinas Dikbud Provinsi NTB untuk tidak menerima titipan dari orang tertentu. Jika itu terjadi, maka dirinya akan melakukan evaluasi terhadap sistem yang diterapkan.

Ia berpesan, peserta didik yang berprestasi diharapkan untuk tidak hanya mencari sekolah yang ada di pusat kota melainkan disarankan untuk melanjutkan pendidikan di sekolah yang dekat dengan lingkungannya. Karena dengan langkah ini, maka akan ada pemerataan pendidikan.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply