Disdag NTB Targetkan 2.000 UMKM Berjualan di Sistem Online

Kadisdag Provinsi NTB Hj Putu Selly Andayani usai kegiatan sosialisasi

Mataram (Global FM Lombok)- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Gerebeg Pasar yang menyasar para UMKM dan pedagang di pasar tradisional yang ada di NTB. Hal ini dilakukan untuk membantu pelaku UMKM agar bisa membuka toko online, selain dengan toko / kios yg mereka miliki secara offline.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Hj. Selly Andayani, M.Si, mengatakan, melalui gerebeg pasar ini nantinya diharapkan agar produk yang dihasilkan tidak saja dijual dengan sistem offline melainkan online. Sehingga bisa dikenal masyarakat luas, tidak saja yang ada di NTB melainkan Indonesia bahkan dunia.

“ini harus kita dukung dan kita manfaatkan sebaik mungkin, agar bapak ibu yang masih berjualan Cuma mengandalkan pasar tradisional mulai menambah channel berjualannya ke online” ungkapnya saat menggelar sosialisasi di kantor Camat Pringgasela, Lotim Senin (18/06).

Saat ini, Pemerintah Provinsi NTB sudah punya platform digital market place  yaitu i-shop. Melalui  aplikasi tersebut para UMKM bisa lebih mudah untuk mempromosikan produknya baik ke dalam maupun luar negeri. Namun, produk yang bisa dipromosikan melalui I-Shop harus memenuhi standar yang sudah ditentukan.

“Melalui i -shop ini, karena sudah  kita terapkan standar produknya masing-masing” terang IbuSelly.

Mulai pekan ini, Dinas Perdagangan dan instansi terkait akan melakukan gerebeg pasar di beberapa lokasi pasar seperti Pasar Aikmel, Pasar Masbagik, Pasar Pringgabaya, Pasar Mandalika, dan Pasar Kebon Roek. Melalui program ini, target Pedagang dan pelaku UMKM yg ingin dicapai minimal 2000 pedagang.

Dalam program ini, para relawan pandu digital  pasar akan membantu para pelaku UMKM. Diharapkan setelah bisa berjualan online, masyarakat bisa lebih banyak pesanan dan meningkatkan pendapatannya sehari-hari.(azm)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply