Pascagempa, Balai TNGR Akhirnya Kembali Buka Empat Jalur Pendakian ke Rinjani

Seorang pendaki sedang berpose dengan latar belakang danau Segara Anak ( foto ; Suara NTB)

Mataram (Global FM lombok)- Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) akhirnya kembali membuka empat jalur pendakian ke Gunung Rinjani pascagempa bumi yang melanda Lombok pada tahun 2018 lalu. Pendakian secara resmi dibuka pada tanggal 14 Juni 2019 ini.

Kepala Balai TNGR Sudiyono kepada wartawan, Kamis (13/06) mengatakan, jalur pendakian yang dibuka yaitu Sembalun, Senaru, Aik Berik dan Timbanuh. Masing-masing jalur pendakian ini memiliki kuota pendakian setiap hari. Artinya pendaki tidak boleh melebihi kuota yang ditetapkan oleh Balai TNGR.

Sudiyono mengatakan, untuk jalur Sembalun dan Senaru, kuota pendaki masing-masing sebanyak 150 orang per hari. Sementara jalur Aik Berik dan Timbanuh masing-masing dengan kuota sebanyak 100 orang per hari. Tiket dapat dibeli melalui aplikasi e-rinjani yang sudah bisa diakses mulai tanggal 13 Juni ini denga mengunduh aplikasi di playstore.

Adapun acara peresmian pembukaan jalur pendakian dipusatkan di kecamatan Sembalun, Lombok Timur dengan terlebih dahulu dilakukan dialog melalui telekonferensi dengan Dirjen KSDAE. Guna mempertimbangkan keamanan dan  kenyamanan, pendakian dibatasi hanya sampai di Plawangan. Artinya tidak diperkenankan menuju puncak dan Danau Segara Anak.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply