KEK Mandalika, Peluang Membuka UMKM Baru

masterplan sirkuit mandalika

Praya (Global FM Lombok) – Pesatnya pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika harus dimanfaatkan masyarakat untuk mulai membangun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pasalnya UMKM sebagai pemasok kebutuhan pasar.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lombok Tengah,  M. Ikhsan,  Kamis (2/5). Menurut dia,  peluang UMKM untuk berkembang sangat potensial dengan keberadaan KEK Mandalika.  Terkait hal itu,  pihaknya tetap membuka akses bagi para pelaku UMKM yang baru.

Diantaranya adalah menyediakan pembiayaan bagi wirausaha pemula.  Selain itu,  pemerintah membantu masyarakat untuk mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR) di lembaga perbankan. Hanya saja,  belum banyak masyarakat yang mengetahui hal itu sehingga menjadi kendala untuk memulai usahanya akibat keterbatasan modal.

“Dengan adanya KEK tidak ada pilihan lain pemerintah adalah UKM ini sebagai suplay.  Apalagi MotoGP kan tahun 2021 sudah di Lombok Tengah.  Jadi besar peluang UMKM ini.  Jadi seharusnya momen ini dimanfaatkan”,katanya.

Dia menyebutkan,  tahun ini terdapat sebanyak 38 UMKM baru yang dibantu pembiayaannya oleh Dinas Koperasi.  Diharapkan semakin banyak UMKM baru yang terus muncul.  Pihaknya menargetkan sebanyak 42.716 UMKM di dalam RPJMD. Dari jumlah itu, baru terealisasi sekitar lima ribu UMKM. (dha)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply