Bangkitkan Wisata NTB Pascagempa, 68 Event Pariwisata Digelar Tahun Ini

Kadisbudpar NTB Lalu M Paozal

Mataram (Global FM Lombok)- Salah satu daya tarik wisata adalah atraksi. Untuk mengungkit pariwisata NTB yang terpuruk pascagempa, pada 2019 ini terdapat 68 event pariwisata yang digelar di NTB. Event-event yang sudah digelar seperti Lombok Sumbawa Great Sale dan Pesona Bau Nyale. Selanjutnya, akan digelar Festival Tambora 1 – 11 April mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Lalu M Faozal mengatakan, semua sisi sudah dilakukan pembenahan pascagempa yang melanda NTB Juli-Agustus 2018. Diharapkan dengan berbagai strategi yang dilakukan, dapat segera memulihkan pariwisata NTB pascagempa.

“Ketika bicara pariwisata, maka salah satu unsurnya adalah atraksi. Kita punya hampir 68 event di tahun 2019 ini. Baru kita selesai di avent Bau Nyale dan Lombok Sumbawa Great Sale. Ada lima kabupaten kota di Pulau Sumbawa kita dorong terlibat secara aktif untuk terlibat di Tambora Festival dan kita akan mulai dari tanggal 1-11 April,” kata Faozal.

Untuk menarik wisatawan, Pemda konsen terhadap pembenahan destinasi, selain memperbanyak konektifitas penerbangan. Pembenahan destinasi wisata memang sangat penting, terutama di destinasi wisata terdampak bencana gempa seperti Gili Trawangan. Saat ini sudah dilakukan pembangunan jalan lingkar Gili Trawangan sepanjang 9 km. Begitu juga dermaga pariwisata di Gili Trawangan yang hancur, sekarang dalam proses DED dan lelang. Untuk pembangunan dermaga Gili Trawangan, Kementerian Perhubungan memberikan dukungan anggaran sebesar Rp15 miliar tahun 2019.

Pemerintah pusat juga melakukan pelebaran jalan menuju Sembalun, baik dari Bayan Lombok Utara maupun Suela Lombok Timur. Proyek pelebaran jalan menuju Geopark Rinjani ini ditargetkan segera selesai. Apalagi pada 3-6 September mendatang, Geopark Rinjani menjadi tuan rumah symposium Asia Pacific Geopark Network (APGN) 2019.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply