Gempa Magnitudo 6,7 di Sumba Barat Terasa Hingga Lombok

Ilustrasi-Gempa

Mataram (Global FM Lombok)-  Gempa dengan magnitudo 6,7 mengguncang wilayah Samudera Hindia Selatan yang lokasinya berjarak sekitar 114 KM  arah barat daya Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, NTT. Gempa terjadi hari Selasa (22/1) pukul 13:10 WITA pada kedalaman 15 km.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto kepada wartawan, Selasa (22/01) mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Sumba Barat ini dibangkitkan oleh sesar naik.

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat dan  peta tingkat guncangan menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Waingapu, Waikabubak pada skala IV MMI. Sementara wilayah Bima dirasakan pada skala III- IV MMI. Adapun wilayah Sumbawa, Mataram dan Lombok Barat dirasakan pada skala III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Sejak pukul 07:59 Wita hingga pukul 13:55 Wita, wilayah Pulau Sumba, telah terjadi aktivitas gempabumi sebanyak 20 kali.  Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(ris)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply