Kunjungan Wisman Melalui Bandara Lombok Turun Drastis Hingga 70 Persen

Aktifitas di Bandara Internasional Lombok

Mataram (Global FM Lombok)- Pascagempa bumi yang melanda NTB pada Juli-Agustus lalu, angka kunjungan wisatawan ke daerah ini memang menurun. Salah satu indikatornya adalah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada bulan November 2018 melalui Bandara Internasional Lombok (BIL) yang turun hingga 70 persen jika dibanding periode yang sama di tahun 2017.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB Suntono saat memberikan rilis di kantornya, Rabu (2/1). Ia mengatakan, jumlah wisman yang datang ke NTB melalui BIL bulan November 2018 hanya 2.306 orang, sementara di bulan November 2017 sebanyak 7.813. Sebenarnya, merosotnya angka kunjungan wisman yang datang melalui BIL terlihat sejak Agustus 2018 lalu. Karena di Bulan Juli, jumlah kunjungan wisman melalui bandara  sebanyak 13 ribuan wisman, sementara di bulan Agustus hanya 4 ribuan wisaman.

“Nah kalau kita hitung secara Y on Y ( tahun ke tahun) dari November 2018 terhadap November 2017, turunnya lebih dalam lagi yaitu 70,07 persen. Inilah perkembangan dari kunjungan wisatawan mancanegara  melalui pintu masuk BIL ( Bandara Internasional Lombok)” kata Suntono, Rabu (2/1).

Suntono mengatakan,  secara total angka kunjungan wisman melalui BIL dari Januari – November 2018 sebanyak 75.779 orang. Sebagian besar wisman berasal dari Malaysia, disusul Singapura, negara-negara Eropa, China, Australia dan Amerika. Adapun wisatawan atau tamu yang menginap di hotel berbintang bulan November 2017 sebanyak 87 ribu, sedangkan di Bulan November 2018 turun drastis menjadi 46 ribu.(ris)

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply