Datang Lagi ke NTB, Presiden Jokowi Sebaiknya Buat Agenda Pertemuan dengan Kelompok Masyarakat

Dr TGH Hazmi Hamzar

Mataram ( Global FM Lombok)- Presiden Jokowi dijadwalkan akan datang lagi ke NTB pada Kamis (18/10) ini guna melihat progres pembangunan kembali daerah yang terdampak gempa di NTB. Agar aktifitas Presiden tidak melulu rapat dan bertemu dengan masyarakat di sejumlah titik yang dikunjungi, Presiden disarankan membuat pertemuan secara khusus dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan lintas ormas di NTB.

Anggota DPRD NTB dari Fraksi PPP Dr. TGH Hazmi Hamzar kepada Global FM Lombok mengatakan, masyarakat korban gempa tidak hanya butuh bantuan berupa materi. Namun mereka membutuhkan dukungan non material dengan cara lebih intens berdialog dengan tokoh agama dan masyarakat di daerah ini. Dengan adanya dialog tersebut, Presiden juga bisa mendapat masukan secara konprehensif terkait program recovery pascagempa dan pembangunan NTB secara umum.

“Kita butuh meyakinkan masyarakat bahwa mereka bisa bangkit dari persoalan ini. Karena itu perlu yang dibina dan diberikan bimbingan adalah tokoh-tokoh masyarakatnya, dibesarkan hatinya, dibesarkan jiwanya. Ini satu hal yang belum saya lihat Presiden saat berulang-ulang datang kesini, kenapa tidak moment itu digunakan untuk bertemu dengan tokoh agama, para ulama, tokoh masyaraklat, tokoh adat yang ada di NTB,” kata Hazmi.

Hazmi mengatakan, dengan adanya bencana gempa bumi di Sulawesi Tengah dan Jawa Timur, perhatian pemerintah pusat akan terbagi. Disinilah peran pemerintah daerah untuk aktif jemput bola ke pemerintah pusat guna mempercepat realisasi program recovery pascagempa. Akibat gempa yang melanda NTB, sebanyak 149 ribu rumah rusak. Namun baru sebagian kecil saja dari rumah yang rusak itu yang sudah mendapat dana rehab dari pemerintah.(ris)

 

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply