Sampai Agustus, 679 TKI asal NTB Pulang Bermasalah, 41 Meninggal Dunia

Keluarga menunggu TKI yang pulang melalui BIL

Mataram (Global FM Lombok)- Sepanjang tahun 2018 sampai tanggal 31 Agustus lalu, sebanyak 679 TKI asal NTB yang dipulangkan karena bermasalah di negara tujuan. Rata-rata mereka dipulangkan karena berangkat melalui jalur ilegal. Sementara itu, sebanyak 41 TKI asal NTB meninggal dunia dan dikirim pulang melalui Bandara Lombok.

Kepala BP3TKI Mataram Joko Purwanto mengatakan, TKI ilegal asal NTB diduga masih banyak yang diberangkatkan oleh oknum tertentu, baik ke negara-negara Timur Tengah maupun ke Malaysia. Rute pemberangkatan jalur ilegal yaitu dari NTB menuju Jakarta, selanjutnya menuju Batam, dari Batam ke Kuala Lumpur dan langsung diterbangkan ke Abu Dhabi, Uni Emirates Arab.  Di negara Uni Uni Emirates Arab inilah TKI ilegal itu disebar ke negara-negara Timur Tengah.

“41 orang meninggal di berbagai negara, di tahun 2018 saja. Meninggal karena berbagai persoalan, ada yang meninggal karena kecelakaan, kebanyakan sakit pak. Mereka diberangkatkan secara ilegal. Kan kalau yang ilegal tidak diperiksa, sehingga umurnya tidak jelas, dokumennya tidak jelas. Mereka tidak diperiksa kesehatannya ( yang ilegal-red) langsung saja berangkat. Kalau yang resmi kan jelas,” kata Joko Purwanto, Selasa (25/09)

Joko Purwanto mengatakan, pihaknya selalu mendorong masyarakat agar tetap berangkat menjadi TKI melalui jalur yang resmi. Tahun ini sampai bulan Agustus, jumlah pemberangkatan melalui jalur resmi sebanyak 15.987 orang. Sementara di tahun 2017 lalu, diberangkatkan sebanyak 23 ribu orang. Sedangkan TKI yang dideportasi tahun lalu sebanyak 800 orang karena bermasalah di luar negeri.(ris)

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply