Kementerian PUPR Siapkan Pusat Informasi Rumah Tahan Gempa

Gempa Lombok

Mataram (Global FM Lombok)- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  akan membentuk pusat informasi rumah tahan gempa di Mataram.  Tempat itu akan menjadi sarana edukasi dan pelatihan bagi masyarakat terkait pembangunan rumah  yang tahan gempa. Di sana juga akan dilengkapi dengan percontohan rumah tahan gempa.

Hal itu dikatakan Kepala Pusat Kebijakan dan Penerapan Teknologi Balitbang Kemen PU PR,  Rezeki Peranginangin,  Rabu (19/9) di Mataram. Pihaknya telah meminta pemerintah kota Mataram untuk menyiapkan lahan dan tenaga yang akan dilatih untuk ditempatkan di pusat informasi rumah tahan gempa tersebut. Rumah tahan gempa ini tidak hanya Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA)  dan juga yang lain.  Akan tetapi, rumah tahan gempa yang sudah teruji sementara ini adalah konsep RISHA.  Sehingga Kemen PU PR hanya memperkenalkan konsep RISHA kepada masyarakat.  Sementara rumah tahan gempa dengan konsep lain akan menyusul.

“Nanti di situ akan jadi pusat edukasi,  pelatihan bagi masyarakat sekaligus kita berikan unit nya di sana. Di dalam waktumu  dekat,  jadi kita minta  disediakan lahan sekaligus pegawai pemda yang akan dilatih nanti dia teruskan ke masyarakat untuk informasi rumah tahan gempa”,katanya.

Sementara itu,  Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Mataram, Mahmudin Tura mengatakan,  pusat informasi rumah tahan gempa ini rencananya akan dibangun di Taman Selagalas.  Sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat. Tenaga yang dibutuhkan di tempat itu sekitar sepuluh orang.  Sementara rumah percontohan tahan gempa yang akan dibangun adalah rumah tipe 36 untuk lantai satu dan tipe 18×2 meter untuk lantai dua.

Pembentukan pusat informasi rumah tahan gempa ini dilakukan karena dalam waktu dekat masyarakat akan segera membangun kembali rumahnya yang rusak akibat gempa.  Ada enam ribuan rumah warga di Kota Mataram yang rusak dengan kategori rusak berat,  rusak sedang dan rusak ringan.  (dha) –

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply