Puluhan Ribu TKI Asal NTB Akan Ikut Pemilu di Luar Negeri

Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori

Mataram (Global FM lombok)- Puluhan ribu TKI asal NTB dipastikan akan ikut pemilu tahun 2019 di luar negeri. Jumlah TKI asal NTB saat ini sekitar 60 ribu orang yang tersebar di sejumlah negara penempatan seperti Malaysia, Timur Tengah dan negara Asia lainnya. Bagi TKI yang diperkirakan masih berada di luar negeri tanggal 17 April 2019 mendatang, maka nama mereka sebagai pemilih di NTB akan dicoret.

Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori mengatakan, meskipun pemilih asal NTB masih berada di luar negeri, namun KPU akan tetap mencatat mereka di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2019. Hanya saja sekitar dua ribu dari TKI tersebut yang sudah dicoret dari DPT lantaran mereka dipastikan akan menggunakan hak pilihnya di luar negeri. KPU NTB akan mengirim data TKI tersebut ke KPU RI untuk selanjutnya diserahkan ke Kementerian Luar Negeri.

Lalu Aksar Ansori mengatakan, pada pelaksanaan pemilu 2019, KPU RI memiliki penyelenggara di luar negeri dan memiliki TPS tersendiri. Pelaksanaan pemilu di luar negeri juga melibatkan Kementerian Luar Negeri, sehingga perlakuan terhadap WNI yang memiliki hak pilih tetap sama. Bagi TKI yang masih tercatat di DPT NTB, namun belum kembali ke Tanah Air, maka KPU tidak akan mengeluarkan formulir C6 atau undangan memilih menjelang hari pemungutan suara, sehingga mereka tetap tercatat memilih di satu tempat yaitu di TPS luar negeri.

Jumlah DPT Pemilu 2019 di NTB sebagaimana yang telah ditetapkan melalui rapat pleno KPU NTB sebanyak 3.573.096 pemilih. Adapun jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 15.977 TPS.(ris)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply