Masuk Sekolah Pasca-Gempa, Siswa di Mataram Diberikan Trauma Healing

Siswa di Mataram saat bubar karena gempa susulan

Mataram (Global FM Lombok) – Siswa di Mataram akhirnya kembali masuk sekolah pada Senin (13/8) pagi,  setelah dilliburkan selama sekitar sepekan akibat guncangan gempa berkekuatan 7.0 SR pada Minggu, 5 Agustus lalu.  Akan tetapi, untuk sementara ini proses belajar mengajar masih belum aktif lantaran siswa masih banyak yang trauma. Mereka juga tidak masuk kelas lantaran gedung sekolah mengalami kerusakan seperti yang terjadi di SMPN 6 Mataram.

Kepala Sekolah SMPN 6 Mataram, Azizuddin menuturkan, sesuai kebijakan pemerintah daerah, proses belajar mengajar diganti dengan trauma healing untuk menghilangkan rasa takut mereka. Kebijakan ini rencananya akan berlangsung sampai tanggal 17 Agustus nanti. Setelah itu,  siswa akan belajar di tenda darurat yang akan dipasang di Taman Udayana.  Untuk Senin pagi, para siswa masuk sekolah sesuai jadwal pukul 07.00 Wita dan diizinkan pulang sekitar jam 10.00 Wita.

“Ini hari pertama pasca-gempa ya, tetap anak-anak tetap belajar seperti ini dulu, jadi kita belum berani masuk. Mereka  riang gembira di luar sampai tanggal 17 Agustus.  Setelah itu nanti kita tunggu tenda darurat untuk pembelajarannya.  Kami koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Mataram. Tenda darurat dari Diknas,  nanti dibangun di luar sekolah rencana di Taman Udayana”,kata Azizudin, Senin (13/8)

Dia menyebutkan,  dari seribuan jumlah siswa SMPN 6 Mataram,  jumlah siswa yang masuk pada hari pertama hanya setengahnya.  Sementara sisanya masih belum masuk karena mengungsi dan trauma. Pihak sekolah mentolerir siswa yang tidak masuk sekolah asalkan ada informasi yang masuk ke sekolah. Sementara untuk kondisi bangunan sekolah,  semua bangunannya sudah tidak layak dipakai karena kerusakannya parah. Sementara di Lombok Utara, semua sekolah masih diliburkan karena nyaris semua sekolah sudah tak bisa digunakan.(dha) –

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply