Lobi Kelonggaran Bea Keluar Progresif, Sarikat Pekerja Newmont Akan Temui Pusat

Ketua Wadah Silaturrahmi Karyawan Samawa (WSKW), Abdul Aziz

Ketua Wadah Silaturrahmi Karyawan Samawa (WSKW), Abdul Aziz

Mataram (Global FM Lombok)-Ketua Wadah Silaturrahmi Karyawan Samawa (WSKW), Abdul Aziz mengatakan,sarikat pekerja Newmont bersama dengan DPRD Sumbawa akan menemui Menteri Keuangan RI, Menteri Dalam negeri dan menteri ESDM guna meminta tinjau ulang peraturan bea keluar progresif sebesar 25 persen bagi perusahaan tambang Newmont. Mereka berencana menghadap sejumlah menteri pada Selasa (20/5).

Abdul Aziz bersama sejumlah perwakilan sarikat pekerja Newmont datang ke kantor gubernur Senin (19/5) guna membicarakan persoalan ini. Menurutnya, para pekerja Newmont sangat galau terhadap rencana perumahan keryawan yang akan dilakukan oleh PT Newmont per tanggal 1 Juni mendatang. Disebutkan Aziz sekitar 80 persen atau 3200 orang dari karyawan PT Newmont akan dirumahkan. Sementara yang operasi sebanyak 20 persen yakni sekitar 700 orang.

Sementara itu, ketua SPTSB Yoesrawan mengatakan, serikat pekerja tetap melakukan komunikasi dengan pihak perusahaan. Dikatakannya karena biaya ekspor 25 persen tidak bisa dilaksanakan oleh Newmont mengharuskan perusahaan asal Amerika itu mengambil langkah ini. Pihaknya tidak menyetujui hal itu karena dampaknya yang terlalu besar.

Terkait dengan aturan, ia menyerahkan kepada pemerintah. Namun apapun keputusan yang akan diambil oleh pemerintah, ia berharap jangan sampai opsi perumahan karyawan dilakukan. “Regulasinya tergantung pada pemerintah”, tutupnya .(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply