Dalam Sehari Sungai Jangkuk Hasilkan Dua Dump Truk Sampah

Potret sungai yang penuh dengan sampah (ilustrasi)

Potret sungai yang penuh dengan sampah (ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Untuk menjaga kebersihan pantai, Dinas Pekerjaan Umum (PU) kota Mataram membuat jaring sampah di sungai Jangkuk Ampenan. Dalam sehari jaring tersebut bisa menjaring sebanyak dua dump truk sampah. Namun kendala yang dihadapi Dinas PU yaitu akses jalan untuk mengangkut sampah tersebut cukup sempit.

Demikian disampaikan kepala Dinas PU kota Mataram Mahmuddin Tura kepada Global FM Lombok Selasa (6/5) di Ampenan. Menurutnya, banyaknya sampah disungai menandakan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah disungai masih kurang.

Warga yang tinggal di sepanjang sunagi Jangkuk juga memanfaatkan sungai sebagai lahan mereka untuk bercocok tanam seperti kangkung. Namun yang disayangakan oleh pemerintah kota Mataram yaitu warga tidak membuang sisa sayur mereka ke tempat sampah. Sehingga ini menambah volume sampah yang ada di sungai tersebut.

Mahmuddin Tura mengatakan, pihaknya akan membuat jalur dump truk supaya sampah yang ada disungai tersebut bisa langsung diangkut. Karena selama ini banyak sampah yang tidak bisa diangkut disebabkan karena kendaraan dump truk tidak bisa masuk. Sehingga pengangkutan dilakukan secara manual. Hal ini dinilai membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu pemerintah juga tidak henti-hentinya melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai.(azm)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply